Selasa, 12 September 2017







 Bisnis kuliner merupakan suatu bisnis yang paling banyak peminatnya,jujur, bisnis kuliner tidak ada matinya,semakin banyak orang menggeluti bisnis ini sehingga semakin banyak menu yang dihadirkan bagi pelanggan.Tapi tidak semua orang mampu menggeluti bisnis ini hingga sukses hanya orang yang bekerja keras yang mampu bertahan lama.
Tidak hanya itu kreatifitas dan inovatif sangatlah dibutuhkan dalam menggeluti bisnis ini,karena semakin ketatnya dunia bisnis kuliner,para pebisnis harus mampu menghadirkan inovasi yang berbeda.

INILAH 9 TIPS UNTUK MEMULAI BISNIS KULINER

1. TARGET PASAR

     Target pasar adalah sebuah acuan untuk merancang strategi pasar. Target pasar meliputi umur,pekerjaan,gaya hidup dan sebagainya.
      contohnya saja kita membuka bisnis kuliner di kampus,maka kita harus menyesuaikan mulai dari makanan yang cocok,harga dan tempat nyaman,untuk kalangan mahasisiwa bisanya mereka lebih cenderung mencari makanan yang harganya terjangkau.

2.MEMILIH LOKASI STRATEGIS

       Lokasi adalah hal terpenting yang harus kita tentukan sebelum bisnis berjalan.kita dapat menentukan lokasi di tempat yang banyak dilalui masyarakat seperti pasar,taman kota dll.

3.SELALU BERINOVASI

       Dengan semakin ketatnya dunia bisnis kuliner anda harus mampu berpikir sekreatif mungkin untuk membuka bisnis kuliner anda,mulai dari kreasi pembuatan penjualan hingga jenis makanan harus ditentukan seinovatif mungkin.
       Contohnya,jika target kita adalah anak sekolah kita harus mampu membuat anak sekolah tidak bosan dengan kuliner kita sehingga mereka penasaran dan ingin membeli.

4.PILIH SUPPLIER DENGAN TEPAT

      Bahan dasar yang digunakan dalam mengolah makanan sangat mempengaruhi rasa makanan,sehingga pilihlah suplier yang konsisten dan mampu menjaga kualitas barang.

5.KALKULASI HARGA BARANG

      Kita harus mengetahui berapa harga barang yang kita gunakan untuk membeli bahan sehingga tidak rugi untuk kedepannya,sehingga perlu dikalkulasi dengan teliti.

6.PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN

      Menjadi pebisnis kuliner juga diperlukan pengetahuan dan keahlian,dari pengetahuan ini nantinya akan muncul ide-ide yang mampu merubah kuliner anda lebih baik lagi,sehingga kuliner anda berbeda dari yang lainnya.

7.SELALU JAGA REPUTASI

     Usaha kuliner mampu bertahan lama tidak hanya berasal dari kerja keras saja tapi,kita juga harus menjaga reputasi kita di mata konsumen sehingga konsumen tidak kecewa.mulai dari kebersihan tempat,pelayanan,rasa menu makanan harus ditetapkan dengan SOP yang ketat.

8.MANFAATKAN INTERNET

   Semakin bertambahnya waktu pengguna internet semakin banyak,dengan ini kita bisa memasarkan produk kita lebih luas agar masyarakat dapat mengenalnya,walaupun tidak menjual secara langsung,kita bisa berpromosi di internet.

9.SABAR DI AWAL USAHA

   Usaha dibidang kuliner ini cukup membutukan waktu untuk mengenalkan kepada konsumen,maka jangan heran apabila bisnis kita di awal sepi pengunjung.namun,bila kuliner kita cocok di lidah konsumen maka akan sangat mudah tersiar kabar kuliner kita ke konsumen yang lain

    Maka kesabaran sangat dibutuhkan ketika kita merintis bisnis kita,terutama bagi pemula yang sering buru-buru mengambil keputusan.



😉SEKIAN😉       

         




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SYAUQILAH POSTS - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -